Iklan Google

4 Cara Sederhana Agar Rumah Bersih Dari Semut

Semut merupakan hewan yang hidup dengan cara berkelompok, semut merupakan hewan yang habitatnya berbatasan langsung dengan manusia.

Semut adalah hewan yang hidup sebagian besar di wilayah kawasan tropis dan semut mempunyai nama ilmiah formicidae.

Gambar  : Bersihkan Rumah Dari Semut

Semut merupakan hewan yang sangat mengganggu kenyamanan di dalam rumah, selain dari kecoa dan tikus tentunya.

Semut sangat suka mengerumuni makanan yang mengandung gula, dan dengan adanya semut didalam rumah kita tidak bisa menaruh makanan di sembarang tempat.


Dan bukan hanya makanan yang mengandung gula saja yang di makan oleh semut, akan tetapi hampir segala jenis makanan yang ditemukannya di makan oleh semut.

Seperti contohnya beras, ikan, nasi, bahkan bangkai serta kotoran pun juga di makan oleh semut, dan semua inilah yang menyebabkan orang berfikir untuk bagaimana cara mengusirnya dari rumah.

Ada 4 jenis semut yang paling banyak ditemukan di seluruh pelosok negeri Indonesia ini, diantaranya yaitu :

JENIS SEMUT YANG SERING TERDAPAT DI PERUMAHAN WARGA

1). SEMUT API

Semut yang pertama yaitu semut api, semut ini berwarna merah tembaga dan memiliki nama latin yaitu solenopsis.

Semut jenis ini terkenal akan gigitanya yang sangat sakit walaupun itu hanya satu semut api yang menggigit.

Dan pakan yang paling di cari dari semut jenis ini berupa hewan mati, serangga, cacing tanah, dan vertebrata.

Lokasi yang paling sering dijadikan tempat rumah oleh semut api ini adalah kayu, kayu atap rumah yang memiliki gundukan-gundukan tanah di situlah semut apimembuat sarang.

Jadi semut api ini tidak hanya akan memakan bangkai, namun semut jenis ini dapat merusak dan merapuhkan bangunan rumah.

2). SEMUT HITAM

Jenis semut yang ke dua yang paling banyak di temukan di seluruh pelosok negeri ini yaitu jenis semut hitam.

Seperti namannya semut hitam semun ini berwarna hitam dan jenis semut ini di kenal lebih lincah dari jenis semut manapun.

Ukuran dari semut hitam sekitar 2,5-3 mm, semut jenis ini juga memiliki masa penetesan yang terbilang cukup lama yaitu sekitar 6 minggu bahkan lebih untuk meneteskan telurnya.

Semut hitam sering di anggap sebagai pengganggu dan pemburu makanan segala jenis sampah di dapur dan segala jenis kotoran.

Jadi semut jenis ini sangat cepat menyebarkan penyakit karena kebiasaanya yang memakan kotoran, dan jenis penyakit yang paling sering disebarkan oleh semut hitam yaitu penyakit salmonelia.

3). SEMUT RUMAH ODORUS

Jenis semut yang paling sering di temukan yaitu jenis semut odorus, jenis semut ini memiliki warna coklat kehitam hitaman.

Dan ukuran dari jenis semut ini sekitar 1/8 inci jadi sangatlah kecil akan tetapi jenis semut ini di kenal dengan umurnya yang cukup lama bisa mencapai 2-3 tahun.

Mungkin umur dari semut odorus ini menjadi panjang karena jenis semut ini makanan utama yang paling di incar yaitu makanan yang mengandung gula.

Semut jenis ini sangat senang makanan-makanan dapur yang manis-manis seperti permen, buah-buahan, teh, intinya makanan-makanan yang manis.

Dan lokasi yang paling sering di jadikan sarang oleh semut odorus ini yaitu lokasi yang mempunyaai kelembapan tinggi.

Selain itu jenis semut odorus ini biasanya memiliki koloni yang sangat banyak yaitu antara 100 sampai 10 ribu koloni.

4). SEMUT HANTU

Dan semut yang terakhir yang paling banyak terdapat di dalam rumah yaitu jenis semut hantu, semut hantu merupakan semut yang berukuran sangat kecil yaitu sekitar 16 mm.

Selain itu ciri utama dari semut hantu ini yaitu kaki dan perutnya berwarna sangat bening dan hampir tidak kelihatan, dan itulah kenapa semut ini disebut dengan semut hantu.

Semut hantu hampir memakan apa yang di makan oleh manusia, seperti bahan yang manis-manis maupun makanan yang berminyak.

Dan semut hantu sangatlah senang membuat sarang pada tempat-tempat atau ruangan-ruangan kecil, seperti celah dinding, di pohok tembok, di pot bunga dan sebagainya.

Jadi ada empat jenis semut yang paling banyak terdapat di rumah, khususnya di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia ini.

Dan cara yang paling ampuh untuk mengusir jenis-jenis semut tersebut agar menjauh dari rumah kita yaitu dengan cara yang sangatlah sederhana yaitu antara lain.

Gambar  : Macam-Macam Semut Rumah

CARA SEDERHANA AGAR RUMAH BERSIH DARI SEMUT

1). MENGGUNAKAN SABUN MANDI

Cara yang pertama yang dapat kita lakukan yaitu dengan menggunakan bahan yang paling sering kita gunakan pada saat mandi yaitu menggunakan sabun.

Setelah dilakukan penelitian ternyata wangian sabun yang sangat harum dan di sukai oleh semua orang ternyata tidak di sukai oleh semut.

Jadi sangat pas untuk digunakan untuk membersihkan rumah dari serangan semut, dan caranya juga sangat mudah untuk dilakukan yaitu  :

CARA MENGGUNAKAN SABUN UNTUK MENGUSIR SEMUT
  • Pertama kita harus menyiapkan sabun dalam bentuk barangan
  • Selanjutnya kita bisa langsung mengoles sabun tersebut pada area yang paling sering di lewati oleh semut
  • Dan bisa juga kita gunakan dengaan cara menyemprotkan sabun yang di campurkan dengan air langsung pada sarang semut.
Cara ini terbilang sangatlah efektif untuk mengatasi masalah semut karena lapisan lilin yang terdapat pada sabun akan membuat semut dehidrasi dan akan selalu menghindari sabun tersebut.

2). MENGGUNAKAN BAKING SODA

Cara yang selanjutnya yang dapat digunakan untuk mensterilkan rumah dari semut yaitu dengan menggunakan baking soda.

Cara ini merupakan cara manipulasi yang dimana semut dapat tertipu dengan bau khas dan keras dari baking soda.


Selain itu cara menggunakan baking soda ini juga sangatlah mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara sebagai berikut.

CARA MENGGUNAKAN BAKING SODA UNTUK MENGUSIR SEMUT

  • Pertama siakan minuman baking soda secukupnya.
  • Selanjutnya tuangkan pada area-area yang paling sering di lewati semut
  • Bisa juga di tuangkan langsung pada sarangnya
Cara ini dapat menipu semut karena aroma yang dihasilkan dari baking soda akan dikira adalah aroma dari koloni semut yang lain.

Dan karena aroma dari baking soda tersebut di kira koloni dari kelompok semut lain, maka semut akan menghindari daerah yang mempunyai aroma baking sida tersebut.

3). MENGGUNAKAN DAUN SIRIH

Cara yang ke tiga yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah semut di rumah yaitu dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih memang lebih dikenal akan khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Namun perlu juga di ketahui aroma yang di timbulkan daun sirih sangatlah di benci oleh semut, jadi sangat cocok untuk mengusir semut, cara menggunakannya juga sangatlah sederhana.

CARA MENGGUNAKAN DAUN SIRIH UNTUK MENGUSIR SEMUT
  • Pertama siapkan beberapa lembar daun sirih yang masih segar
  • Selanjutnya remas daun sirih tersebut hingga mengeluarkan aroma khasnya
  • Setalah itu letakkan di dekat sarang atau tempat yang paling sering di lewati semut
Setelah daun di letakkan pada area yang sering di lewatkan oleh semut atau dekat sarangnya dan tunggulah hingga beberapa menit, seluruh koloni semut pasti akan berhamburankeluar meninggalkan sarangnya.

4). MENGGUNAKAN GARAM

Cara yang terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah semut yang sering berkeliaran di dalam rumah yaitu menggunakan garam.

Garam sendiri merupakan bahan yang di gunakan untuk menciptakan rasa asin di setiap makanan dan sering di gunakan sebagai bumbu masakan.

Namun perlu di ketahui juga fakta tentang semut yang tidak tahan dengan air yang asin, jadi garam sangat cocok untuk digunakan untuk mengatasi masalah semut, dan cara menggunakannya juga sangatlah mudah yaitu  :

CARA MENGGUNAKAN GARAM UNTUK MENGUSIR SEMUT
  • Pertama siapkan garam dengan jumlah secukupnya
  • Selanjutnya larutkan garam tersebut menggunakan air panas
  • Setelah itu siramkan air garam tersebut pada sarang semut maupun area yang sering di lewati oleh semut.
Cara ini dapat kita buktikan dengan sendirinya dan cara ini sangatlah efektif untuk mengatasi semut yang berkeliaran di dalam rumah.

Jadi ada banyak sekali cara yang dapat kita gunakan untuk mengusir semut yang ada di dalam rumah yang sering mengganggu kenyamanan kita.

Dan cara-cara yang di atas merupakan cara yang sangat sederhana dan bahannya juga sangat mudah untuk di dapatkan.
Dari pada menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan bersifat racun justru akan menimbulkan bahaya juga terhadap diri kita.

Menggunakan bahan kimia yang beracun sangat kami larang untuk anda gunakan karena anak kecil yang belum tahu tentang racun bisa mencoba-coba untuk memakannya.

Jadi gunakanlah bahan yang ada di sekitar anda yang tidak menimbulka efek samping dan bahan tersebut tidaklah mahal seperti bahan kimia.\

Demikian pembahasan tentang 4 cara sederhana agar rumah terhindar dari semut. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara mengusir semut. TERIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel