Iklan Google

5 Cara Sederhana Mencegah Ular Memasuki Rumah

Ular merupakan reptil liar yang mempunyai kemampuan untuk membunuh mangsanya dengan sekejap, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ular merupakan hewan yang termasuk berbahaya, karena ketika seseorang terkena gigitan dari ular, seseorang tersebut akan langsung menjadi tidak berdaya, dan jika tidak dengan cepat di tangani akan berujung pada kematian.

Gambar  : Logo Larangan Ular

Dan ular juga merupakan hewan yang habitatnya sangat dekat dengan kehidupan manusia, ini dapat dibuktikan dengan seringnya ular bermunculan di tengah-tengah masyarakat.

Dan salah satunya yaitu seringnya kita menemukan ular di dalam rumah, baik itu di atas plaphon rumah, di dalam kamar mandi, di kamar dan sebagainya.


Adapun hal-hal yang menyebabkan ular tersebut sampai memasuki rumah antara lain yaitu sebagai berikut   :

PENYEBAB ULAR SAMPAI MAMASUKI RUMAH

1). LOKASI RUMAH

Penyebab yang pertama yaitu lokasi tempat rumah kita berada, jika rumah yang kita tinggalkan berada di daerah yang langsung berdekatan dengan tempat tinggal ular.

Secara otomatis rumah juga kemungkinan besar akan menarik perhatian dari ular tersebut untuk dijadikan sarang untuk bertelur.

Jadi jangan heran kenapa rumah kita sangat sering di masuki oleh ular, karena kawasan tempat kita tinggal sangat dekat dengan hutan, sawah, kebun, rawa dan sebagainya.

2). AKIBAT BANJIR

Penyebab yang ke dua yaitu disebabkan oleh bencana alam seperti banjir salah satunya, banjir sangat mudah menghanyutkan ular hingga ke permukiman masyarakat.

Jadi kita semua harus berhati-hati ketika kawasan yang kita tinggalkan terkena bencana banjir, karena banjir tidak hanya akan membawa air melainkan hewan buas juga bisa terbawa oleh banjir.

Dan ular yang paling sering terbawa hanyut oleh banjir dan yang paling sering ditemukan oleh warga yaitu ular sanca dan ular phiton.

Jadi walaupun rumah yang kita tempatkan berada di tengah-tengah pemukiman dan tidak berdekatan dengan alam liar bukan berati rumah kita steril dari hewan buas.

3). TERDAPAT BANYAK MAKANAN ULAR

Dan penyebab yang terakhir yang dapat mengundang ular untuk masuk kedalam rumah yaitu banyaknya makanan ular yang tersedia di rumah tersebut.

Apa makanan ular yang banyak terdapat di dalam rumah tersebut   ? ya jawabanya sudah sangat jelas yaitu tikus.

Tikus merpakan hewan yang paling banyak terdapat di dalam rumah, dan tikus merupakan makanan ular yang paling disenangi oleh hewan berbisa tersebut.

Dan tikus banyak terdapat di dalam rumah disebabkan karena rumah yang kita tinggalkan tersebut sangat kotor alias sangat jarang dibersihkan.

Jadi intinya rumah yang jarang di rawat dan dibersihkan tidak hanya akan menimbulkan penyakit namun akan mengundang hewan buas yang dapat membahayakan kita.

Adapun cara untuk mengatasi masuknya hewan yang mempunyai bisa sangat mematikan tersebut ada banyak sekali diantaranya yaitu    :

CARA SEDERHANA MENCEGAH ULAR MEMASUKI RUMAH

1). MEMBUAT PAGAR TEMBOK

Pagar tembok yang mengelilingi rumah kita sangatlah membuat rasa aman baik itu dari tindakan kejahatan kriminal maupun dari serangan heran yang mematikan.

Tembok pagar yang tinggi dan halus tentunya sangat membantu untuk kita menjaga ke sterilan rumah kita dari serangan ular.

Karena ular tentunya tidak akan bisa menaiki pagar tembok dari rumah yang tinggi serta licin, jadi dengan cara membuat pagar dari rumah tentunya sangat membantu kita untuk menjaga agar uler tidak memasuki rumah kita.

2). MENJAGA KEBERSIHAN RUMAH

Cara yang selanjutnya untuk menghindari rumah kita dimasukan oleh hewan berbisa tersebut yaitu dengan menjaga kebersihan rumah.

Ini merupakan faktor yang paling penting untuk menjaga rumah agar tidak dimasuki oleh ular,karena makanan ular tidak menyenangkan hal-hal yang bersih.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya makanan utama ular yaitu tikus sangat menyenangkan rumah yang tidak di urus dan kotor.

Jadi ketika rumah tetap terjaga kebersihannya, secara otomatis tikus juga tidak akan senang tinggal di dalam rumah kita.

Dan ketika rumah kita sudah tidak ada lagi terdapat tikus, ini artinya makanan ular sudah kita singkirkan dan ular pun tidak mungkin mau tinggal di rumah yang tidak ada makananya.

3). USAHAKAN RUMAH TETAP DALAM KEADAAN WANGI

Cara yang ke tiga yang dapat kita lakukan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah yaitu dengan cara menjaga rumah agar tetap dalam keadaan wangi.

Cara ini terbukti sangatlah efektif untuk diterapkan karena ular merupakan hewan yang menggunakan indera penciuman yang dilakukan melalui lidahnya untuk mengenali keadaan sekitarnya.

Dan fakta sudah membuktikannya kalau ular sangat ketakutan dengan bau-bauan yang menyengat, jadi cara ini sangat cocok untuk menghindari agar ular tidak masuk ke dalam rumah.

Untuk menjaga rumah tetap dalam keadaan harum, kita bisa menggunakan pewangian yang di gantungkan pada AC atau kipas angin.

Dan juga kita bisa melakukan pel pada lantai rumah kita setiap hari, selain juga bisa mencegah ular masuk mengepel setiap hari juga akan membuat lantai tetap bersih.

4).MENUTUP SEMUA AKSES MASUK

Cara selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara menutup semua akses ular tersebut menuju rumah kita.

Akses masuk dari ular memang sangatlah banyak, namun yang paling sering digunakan ular untuk memasuki rumah yaitu gorong-gorong pipa, dan ranting pohon.

Ada jenis ular tertentu yang sangat senang bahkan mencari gorong gorong pipa untuk dijadikan tempat untuk bertelur dan menjadikannya sarang.

Jadi ada baiknya jika anda mempunyai gorong-gorong pipa yang menuju ke rumah anda yang sudah tidak terpakai lagi sebaiknya di buang atau di tutup agar ular tidak memasuki rumah kita.

Selain itu juga perhatikan pohon-pohon besar yang ada di sekitaran rumah kita yang rantingnya itu langsung bisa bersentihan langsung dengan atap rumah.

Disini kami sarankan untuk anda memotong cabang atau ranting yang bersentuhan langsung dengan atap rumah kita.

Karena melalui cabang atau ranting pohon itulah yang paling sering digunakan oleh ular untuk memasuki rumah kita.

5). MEMELIHARA HEWAN YANG MEMILIKI CAKAR


Gambar  : Hewan Memakan Ular
Sumber Gambar  :dogguie.com

Dan cara yang terakhir yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar ular tidak memasuki pekarangan rumah kita yaitu dengan cara memelihara hewan yang memiliki cakar.

Fakta membuktikan reptil yang memiliki bisa yang mematikan ini ternyata takut dengan hewan yang memiliki cakar seperti musang, tikus, dan anjing.

Kita bisa memelihara salah satu dari ke tiga hewan tersebut untuk mencegah sekaligus menakuti ular agar tidak masuk ke dalam rumah.

Jadi pada itinya banyak sekali cara agar hewan yang memiliki bisa mematikan tersebut tidak masuk ke dalam rumah kita.

Dan perlu di ingat juga ketika ular memasuki rumah jangan pernah mempercayai mitos-mitos yang berkembang di masyarakat sekitar.

Mitos-mitos tersebut malah akan membuat kita menjadi depresi dan bisa membahayakan pemikiran kita sendiri.

Dan jangan pernah juga mempercai jika dengan menaburkan garam disekitar rumah dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah.


Karena setelah dilakukan pengujian dan penelitian menaburkan garan berjenis apapun tidak akan mencegah ular untuk masuk.

Ini dikarenakan kulit ular tidak mengeluarkan lendir yang basah, jadi tidak akan menghambat sedikitpun ular untuk masuk.

Karena ular lain halnya dengan keong dan siput mereka tidak akan berani melewati lahan yang ada garamnya, karena mereka mempunyai kaki yang berlendir.

Dan satu lagi ketika anda menemukan ular yang sudah berada di dalam rumah sebaiknya anda jangan panik dan membunuhnya.

Sebaik meminta bantuan pawang ular atau petugas sekitar agar menangkap ular tersebut dan menyerahkanya kepada pihak yang berwenang, supaya ular tersebut di relokasi ke tempat yang jauh dari pemukiman masyarakat.

Demikian pembahasan tentang 5 cara sederhana agar ular tidak memasuki rumah. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara mencegah ular masuk rumah. TERIMA KASIH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel