Iklan Google

6 Keuntungan Dan 5 Kerugian Meroot Ponsel Android

Ponsel merupakan alat yang yang tidak bisa ditinggalkan di zaman sekarang ini, kemana-mana semua manusia harus membawa yang namanya ponsel.

Karena kegunaan ponsel pada saa ini sangat membantu dan memudahkan manusia untuk melakukan semua kegiatanya sehari-hari.

Gambar  : Animasi Android
Sumber Gambar  :cintatekno.com

Dan seiring perkembangan teknologi yang semakin capat, penggunaan ponsel tidak lagi hanya digunakan untuk melakukan komunikasi.

Namun kegunaan ponsel untuk saat sangatlah banyak selain digunakan sebagai alat untuk mencari informasi.

Kecanggihan ponsel di zaman sekarang ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menghilangkan stres, karena aplikasi game yang di sediakan oleh hanphone pada saat ini sangalah menyenangkan untuk di mainkan.


Namun aplikasi yang di sediakan oleh ponsel yang berjenis android pada saat ini masih terdapat kekurangan,

Namun dengan adanya berbagai macam aplikasi yang khusus untuk meroot ponsel android tersebut, kekurangan yang terdapat pada hanphone itu sendiri bisa teratasi.

Root sendiri merupakan kata singkatan dari rooting yang merupakan suatu proses pada smarphone android yang dapat memberikan kita akses dan control sepenuhnya terhadap sistem smarphone yang kita gunakan.

Ketika kita melakukan root pada ponsel yang kita gunakan semua aplikasi yang dulunya kita tidak dapat gunakan menjadi bisa untuk kita gunakan.

Dan manfaatnya bukan hanya itu saja, ada banyak sekali manfaat yang kita akan dapatkan ketika kita meroot smarphone yang kita gunakan, di antaranya yaitu.


MANFAAT YANG DI DAPATKAN DARI MEROOT PONSEL ANDROID

1). PERFORMA PONSEL MENJADI LUAR BIASA

Ini merupakan faktor utama kenapa seseorang banyak yang meroot ponsel androidnya karena seseorang dapat mempercepat kinerja dari android itu sendiri.

Dengan melakukan root pada android seseorang dapat mengatur sesuka hatinya untuk mengatur performa dari android itu sendiri.

Jadi ketika ponsel yang kita miliki mempunyai performa yang sangat buruk, kita bisa mencoba untuk meroot ponsel android tersebut, dan hasilnya performa ponsel tersebut tidak akan kalah sama ponsel yang bermerek dan mahal.
Jadi dengan kata lain ketika performa dari ponsel android kita sudah ok, aplikasi-aplikasi yang dulunya suka macet-macer sudah tidak lagi.

Dan game-game yang dulunya tidak bisa di instal setelah dilakukan rooting menjadi bisa dijalankan tanpa gangguan apapun.

2) MENGINSTAL GAME SEPUASNYA

Seperti yang sudah dujelaskan di atas ketika ponsel android sudah dilakukan rooting hasilnya sungguh luar biasa.

Game  yang dulunya sangat berat dan sepertinya mustahil untuk dijalankan di ponsel kita menjadi bisa untuk di mainkan.

Dan bukan hanya itu, ketika kita memainkan game kita juga bisa melakukan cheat atau melakukan pasword pada game tersebut.

Misalnya ketika kita memainkan game perang kita bisa melakukan setting agar nyawa dan peluru pada saat kita main tidak akan habis dan mati.

Jadi sungguh menyenangkan bukan, terutama untuk anda orang-orang yang senang akan bermain game, melakukan root sangatlah cocok untuk anda lakukan.

3). DAPAT MEMBLOKIR IKLAN 

Iklan merupakan sesuatu yang sangat mengganggu seseorang pada saat membaca informasi di internet atau pada saat bermain game.

Iklan akan menggangu konsentrasi kita dan iklan tersebut dapat membuat kita menjadi jengkel karena bisa muncul kapan saja.

Namun dengan melakukan rooting pada android yang kita gunakan tersebut kita dapat mengatus agar iklan tersebut tidak muncul lagi di smarphone kita.

Kita juga sudah disediakan banyak sekali aplikasi yang dapat kita dawnload yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan iklan tersebut seperti adfree, adblock dan sebagainya.

Namun aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan bekerja ketika ponsel android yang kita gunakan tersebut belum dilakukan root.

4). BATERAI MENJADI TAHAN LAMA

Dan kecanggihan yang selanjutnya yang dapat kita manfaat dan nikmati yaitu performa daya tahan baterai menjadi dua kali lipat,

Mungkin pada saat ponsel yang kita gunakan hanya mampu bertahan hanya selama 12 jam dan tidak bisa lebih.

Namun setelah melakukan root pada ponse android yang kita gunakan tersebut dapat bertahan menjadi 24 jam dengan catatan menggunakanya dengan cara yang normal.

Kita dapat menginstal aplikasi sejenis grennify untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan namun tidak digunakan dapat di matikan secara otomatis oleh gtennify tersebut.

5). DAPAT MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN

Manfaat yang selanjutnya yang dapat kita gunakan yaitu kita dapat menghapus aplikasi bawaan dari smarphone itu sendiri.

Aplikasi dari smarphone yang dulunya sebelum dilakukan root tidak bisa untuk dihilangkan atau dihapus.

Namun setelah dilakukan roting pada smarphone tersebut semua aplikasi bawaan pada smarphone tersebut dapat dihapus.

6). GRATIS INTERNET SEPUASNYA

Manfaat yang terakhir yang dapat kita rasakan yaitu kita dapat internetan sepuasnya tanpa membeli kuota terlebih dahulu.

Karena hal ini juga banyak sekali orang-orang  rela melakukan rooting pada smarphone android mereka untuk mendapatkan internet gratis.

Cara inilah yang lagi hangat-hangatnya diperbincangkan pada saat ini, dan cara ini bisa sangatlah mudah untuk dilakukan.

Kita hanya perlu menggunakan sedikit bantuan dari aplikasi seperti psiphone pro dan sejenisnya, dan juga kartu yang sudah memiliki pulsa Rp 0 serta pastikan juga kartu tersebut tidak dalam masa tenggang.

Namun sebelumnya pastikan juga terlebih dahulu kalau smarphone yang kita gunakan untuk mendapatkan internetan gratis tersebut terlebih dahulu sudah di rooting.

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari meroot smartphone yang kita gunakan, yang secara langsung kita bisa mengendalikan secara penuh sistem pada smarphone tersebut.

Namun perlu sangat-sangat penting untuk diketahui, bahwa meroot smarphone mempunyai dampak negatif atau bahaya yang dapat mengancam smarphone yang kita gunakan tersebut.

Meroot smartphone sama halnya seperti manusia yang menghisap narkoba, semuanya akan terasa sangat nikmat hanya pada awalnya saja.

Namun kelama-lamaan akan mengakibatkan pada seseorang yang menghisap narkoba tersebut tubuhnya akan mengalami sakit yang berujung pada kematian.

Dan seperti itulah yang akan kita alami ketika kita meroot smartphone, ada banyak sekali dampak negatif yang akan kita alami dari meroot smartphone, diantaranya yaitu  :

BAHAYA MEROOT PONSEL ANDROID

1). PONSEL MENJADI EROR

Masalah yang akan terjadi ketika kita melakukan rooting pada smartphone yang kita gunakan akan sangat sering terjadi yang namanya eror.

Aplikasi yang kita gunakan akan sangat sering terjadi eror seperti aplikasi tiba-tiba berhenti dengan sendirinya.

Game yang kita jalankan tiba-tiba terhenti tanpa bergerak sedikitpun, hanya terdiam seperti walpaper tidak bisa bergerak.

Selain itu smartphone yang telah kita root juga akan sering mati tiba-tiba pada saat dijalankan, ponsel kita juga sering restard dengan sendirinya.

2). GARANSI PONSEL MENGHILANG

Garansi ponsel tidak hanya terdapat di atas kertas, namun di dalam aplikasi sebuah ponsel terdapat juga garansi dari ponsel tersebut.

Dan ketika kita melakukan rooting pada smartphone yang kita miliki secara otomatis garansi yang terdapat pada smartphone akan langsung menghilang.

Ini terjadi karena kita sudah merombak atau melakukan costumisasi sistem secara berlebihan melallui rooting tersebut.

Dan ketika ponsel yang kita gunakan mengalami kerusakan, pihak dari produsen tidak akan menerima ponsel yang sudah di root untuk diperbaiki.

Ini artinya pihak dari perusahaan ponsel tidak akan mau untuk bertanggung jawab atas kerusakan ponsel yang disebabkan oleh rooting tersebut.

3). PONSEL MENJADI SANGAT CEPAT PANAS

Masalah yang akan kita alami ketika kita sudah melakukan rooting terhadap smartphone tersebut berikutnya yaitu ponsel akan sangat cepat panas.

Ini terjadi karena kita mengoptimalkan semua hardware seperti RAM, CPU, dan baterai untuk bekerja dengan sangat optimal.

Hal inilah yang sangat cepat membuat ponsel menjadi sangat cepat panas, dan ketika kondisi ponsel sudah menjadi panas dan terus di paksa untuk digunakan maka ponsel tersebut secara otomatis akan langsung mati total.

4). PERANGKAT TIDAK BISA DIGUNAKAN

Perangkat utama dari sebuah ponsel ketika sudah dilakukan rooting secara berlahan-lahan akan menyebabkan perangkat tersebut tidak bisa untuk digunakan.

Seperti contoh perangkat yang paling sering mengalami gangguan setelah dilakukan root pada ponsel yaitu kamera ponsel tidak bisa untuk digunakan lagi.


Ketika kamera ingin kita gunakan akan muncul tulisan yang mengatakan " CAMERA FAILED " dan ini terjadi karena kita melakukan rooting pada ponsel kita.

Selain itu perangkat ponsel yang lain yang tidak bisa untuk digunakan setelah melakukan root tersebut yaitu bluetooth, wifi, gps, akan menjadi eror alias tidak bisa untuk digunakan.

5.) PONSEL MENJADI BOOTLOOP ( MATI UNTUK SELAMANYA )

Dan akibat terakhir yang dapat kita alami dari meroot ponsel tersebut yaitu ponsel akan mengalami bootloop atau mati untuk selamanya.

Kondisi ini merupakan kondisi terakhir yang dialami setelah rangkaian gejala di atas sudah dialami sebelumnya.

Dan bootloop juga sangat sering terjadi ketika proses rooting tidak bisa berjalan dengan lancar atau pada saat rooting berlangsung tiba-tiba ponsel mati total pada saat proses rooting berlangsung.

Jadi seperti itulah proses jika kita melakukan rooting pada ponsel kita, banyak keuntunganya dan banyak juga bahaya yang kita dapatkan dari merooting ponsel.

Gambar  : Keuntungan Dan Kerugian Dari Rooting Ponsel Android
Sumber Gambar  :tenzatekno.blogspot.com

Akan tetapi ketika kita sudah terlanjur melakukan rooting pada ponsel dan kita ingin mengembalikanya seperti semula.

Semua hal itu bisa kita lakukan dengan cara melakukan unroot pada ponsel yang sudah kita rooting terlebih dahulu tersebut.

Jadi ada banyak sekali keuntungan dan kerugian yang akan kita dapatkan dari rooting ponsel tersebut, anda bisa menilainya sendiri.

Demikian pembahasan tentang 6 keuntungan dan 5 kerugian meroot ponsel android. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang rooting ponsel. TERIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel