Iklan Google

Cara Cepat Mengatasi Rasa Panas Di Mulut Akibat Makanan

Panas yang dirasakan di area mulut ketika kita memakan makanan yang pedas memang sangatlah mengganggu.

Rasa panas tersebut bahkan bisa membuat kita menangis saking panasnya, dan membuat kita mencari-cari cara yang paling cepat dan tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Gambar  : Rasa Panas Di Mulut Akibat Makanan
Sumber Gambar  :fokusmadura.com

Memang rasa panas yang kita rasakan akibat makanan tidak menimbulkan penyakit atau efek yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Namun rasa panas yang kita rasakan pada mulut terutama pada lidah kita ketika sudah selesai memakan makanan yang panas cukup membuat air lius kita ingin terus keluar dan air mata bercucuran.


Dan sangat perlu juga kita ketahui memakan makanan yang pedas secara terus menerus akan menimbulkan beberapa penyakit. Di antaranya yaitu  :

AKIBAT TERLALU SERING MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS
  • Menimbulkan penyakit maag akut
  • Asam lambung meningkat
  • Mengakibatkan susah tidur atau insomnia
  • Dapat menghilangkan nafsu makan
  • Badan menjadi kurus
  • Pusing
  • Sariawan
  • Diare
  • Perut mulas
Ada banyak sekali penyakit yang ditimbulkan dari seringnya mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Jadi akan lebih baik kita menghindari memakan makanan pedas secara terus menerus dan secara berlebihan karena dapat menimbulkan beberapa gejala di atas.

Namun bagaimana cara mengatasi rasa panas di mulut dengan cepat dan tepat   ? berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan.

CARA CEPAT MENGATASI RASA PANAS DI MULUT

1). MEMINUM SUSU

Cara yang pertama dan merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi rasa panas di dalam mulut akibat makanan dapat dilakukan dengan cara meminum susu.

Susu telah terbukti mampu membantu menetralkan asam dari makanan pedas dengan sangat cepat dan terbukti hasilnya.

Kita dapat meminum susu setengah atau satu gelas full susu cair dan kita bisa langsung bisa merasakan khasiatnya.

Dan perlu juga diketahui di sini kita dapat menggunakan susu cair atau pun susu sasetan untuk mengatasi rasa panas di mulut.

2). MADU ALAMI

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan madu alami yang belum tercampur dengan bahan kimia apapun.

Madu alami merupakan cairan yang sangat kaya dengan vitamin, dan di dalam cairan madu juga terdapat kandungan yang terbukti mampu untuk mengatasi rasa panas di dalam mulut.


Karena rasanya yang sangat manis, madu sangat cocok diberikan untuk anak-anak yang tidak tahan dengan rasa panas di dalam mulutnya akibat makanan.

Madu juga merupakan bahan alami yang sangat mudah untuk di dapatkan, jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai penawar rasa panas akibat makanan.

3). MANDI

Dan cara yang ke 3 yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah rasa panas di  dalam mulut akibat makanan yaitu dengan cara mandi.

Cara ini sangat sering orang lakukan ketika merasakan panas di dalam mulutnya yang sangat panas akibat dari makanan.

Dengan melakukan mandi tentunya seluruh anggota badan akan menjadi dingin dan secara tidak langsung akan meredakan rasa panas di dalam mulut yang terkena panas.

4). BERBARING

Berbaring merupakan cara selanjutnya yang terbukti ampuh untuk mengatasi rasa panas di dalam mulut akibat makanan.

Cara ini sangat simple untuk dilakukan dan tidak membutuhkan bahan tambahan lainnya hanya dengan berbaring telentang secara lurus.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah cara ini setidaknya selama 5-10 menit dan jangan lupa untuk menaruh bantal di kepala agar kepala tetap berada lebih tinggi dari badan.

Menaruh bantal bertujuan agar makanan tidak kembali lagi ke tenggorokan, karena jika kita tidak menaruh bantal kita bisa mengalami muntah-muntah.

5). MEMINUM AIR HANGAT

Cara yang terakhir yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa panas di dalam mulut akibat makanan denga cepat yaitu dengan cara meminum air hangat.

Meminum air hangat dalam kondisi mulut dalam keadaan panas akibat makanan pedas memang merupakan cara yang tidak mungkin utuk dilakukan.

Namun ketika anda berani untuk mencoba cara ini kami yakin hasilnya sangatlah ampuh untuk mengatasi rasa panas di dalam mulut.

Dan perlu juga diketahui jangan pernah mencoba menerapkan cara ini terhadap anak kecil karena mereka tidak mungkin mampu untuk mengaasinya.

Lakukanlah cara ini dengan cara meminum air hangat 1 gelas saja, dan pastikan juga airnya jangan terlalu panas untuk di minum.

Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa panas di dalam mulut akibat makanan.

Dan perlu juga diketahui meminum air dingin seperti es untuk menghilangkan rasa panas akibat makanan tidak akan membantu menghilangkan rasa panas pada mulut.

Malah akan semakin memperparah rasa panas ketika kita meminum air es, begitu juga dengan menghisap gula untuk menghilangkan rasa panas.

Gula merupakan bahan yang biasa digunakan sebagai bahan untuk menambah rasa manis, namun perlu untuk diketahui gula tidak mampu menghingkan rasa panas pada mulut yang diakibatkan oleh makanan.

Demikian pembahasan tentang cara cepat mengatasi rasa panas di dalam mulut akibat makanan. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara mengatasi rasa panas. TERIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel