Iklan Google

Cara Sederhana Merebus Telur Agar Bagian Kuning Berada Di Luar

Telur merupakan bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. telur terkenal juga dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Dan jenis telur yang paling banyak dikonsumsi yaitu jenis telur dari hewan seperti ayam, bebek, angsa dan bahkan telur penyu juga banyak sekali di minati oleh masyarakat.

Gambar  : Bagian Kuning Telur Yang Berada Di Luar
Sumber Gambar  :kabarindo.com

Seperti yang diketahui telur memiliki banyak sekali kandungan yang barmanfaat untuk tubuh terutama pada bagian kuning telur.

Dan bagian kuning pada telur juga lebih di sukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang lebih jika dibandingkan dengan bagian putih pada telur.

Terutama anak-anak kecil lebih memilih bagian kuning pada telur dari pada bagian putihnya, bagian putih pada telur tidak begitu di sukai karena tidak memiliki rasa.


Selain itu jika di lihat dari segi kandungan gizinya bagian kuning pada telur jauh memiliki lebih banyak kandungan yang bergizi jika di bandingkan dengan bagian putihnya.

Jadi sangatlah wajar kenapa orang-orang lebih memilih dan menyukai bagian kuning telur dari pada bagian putih dari telur.

Dan cara menyajikan telur ada banyak sekali, karena telur bukanya hanya sebagai lauk pauk sebuah makanan akan tetapi telur juga di pergunakan sebagai bahan untuk menambah suplement.

BEBERAPA CARA PENYAJIAN TELUR
  • Dengan cara di rebus
  • Dengan cara di goreng
  • Dengan cara diawetkan atau diasinkan
  • Dan dengan cara di makan mentah-mentah
Jadi ada banyak sekali cara yang dilakukan untuk menyajikan telur sebelum di makan, dan yang paling banyak dilakukan masyarakat untuk menyajikan telur yaitu dengan cara di goreng dan di rebus.

Dan tahukah anda ternyata kini telah ditemukan cara bagaimana menyajikan telur agat bagian kuning pada telur berada di bagian luar.

Dan bagian putih pada telur berada di bagian dalam dari telur yang artinya putih telur berada setelah bagian kuning pada telur.

Cara ini sangat membuat semua orang menjadi penasaran, dan berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat kuning telur berada di bagian luar dari bagian telur.

CARA MEREBUS TELUR AGAR BAGIAN KUNING TELUR BERADA DI LUAR

Gambar  : Proses Pembuatan
Sumber Gambar  :alyoshaminded.wordpress.com

1). MEMILIH TELUR YANG BAIK

Pertama sebelum kita memulai tahapan untuk merebus telur agar bagian kuningnya berada di posisi luar pada telur.

Alangkah penting dan baiknya kita memperhatikan kualitas telur yang akan kita gunakan untuk membuat kuning telur berada di bagian luar.

Dan berikut beberapa cara yang perlu kita ketahui untuk memilih telur yang memiliki kualitas baik untuk kita konsumsi di antaranya yaitu  :

CARA MEMILIH TELUR YANG BAIK
  • Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar ( sedang-sedang )
  • Warna dari telur tidak pucat atau terlihat gelap
  • Telur bersih dari sisa kotoran dan tidak berbintik-bintik
  • Tekstur dari telur sangat halus dan tidak kasar
  • Telur tidak terapung jika di lepas dalam air
  • Jika di senter atau di teropong, kuning telur terlihat jelas
  • Telur tidak mengeluarkan bau busuk
  • Kondisi cangkang dari telur tidak retak
Pemilihan telur yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan dalam membuat proses bagaimana agar kuning telur berada di bagian luar.

2). PROSES SEBELUM DI REBUS

Ketika kita sudah memilih jenis telur yang baik yang akan kita gunakan dalam proses pembuatan agar kuning telur yang baik.

Langkah selanjutnya yaitu kita harus menutup telur yang sudah kita pilih tersebut menggunakan selotip plastik.

Menutup telur menggunakan selotip plastik ini bertujuan agar telur tersebut nantinya tidak mudah pecah pada saat pengolahan.

Setelah itu barulah telur yang sudah dilapisi selotip plastik tersebut dimasukan ke dalam kain yang memiliki tekstur tipis, halus, dan bisa memanjang seperti karet.

Jika kita kebingungan mencari bahan seperti ini, kita bisa menggunakan kain yang sering digunakan sebagai penutup kaki atau tangan yaitu stoking.

Dan setelah kita mendapatkan kain yang pas barulah kita posisikan telur berada persis di tengah-tengah kain tersebut dan kemudian kita ikat di setiap ujung kain, untuk lebih jelasnya kita bisa lihat nomor 3 pada gambar di atas

Selanjutnya setelah ikatan kita rasa aman barulah kita memutar-mutar kain tersebut dengan cara memegang tiap ujung dari kain tersebut.

Putarlah kain tersebut dengan dua arah dan secara cepat agar telur yang ada di dalam kain tersebut kuningannya cepat tercampur.

Dan setelah proses pemutaran dilakukan kira-kira 10 menit barulah telur di keluarkan dari kain dan selotip tersebut di lepas juga.

Ketika kuning telur pada saat kita melakukan pengecekan menggunakan senter terlebih dahulu masih ada dan setelah di lakukan penyenteran pada telur yang sudah di putar menjadi hilang dan gelap, itu artunya proses pencampuran berhasil.

3). PROSES PEREBUSAN

Pada tahap ini kita bisa melakukannya seperti biasa, seperti bagaimana kita merebus telur pada umumnya.

Tidak ada cara khusus yang harus kita lakukan juga pada tahap perebusan ini, kita hanya merebus telur seperti biasa dan ketika sudah cukup matang barulah telur di angkat.

Kita bisa langsung melupas cangkang dari telur atau kita juga bisa melakukannya dengan cara memotongnya secara langsung.

Dan kita bisa lihat hasilnya kuning dari telur pasti akan berada pada bagian luar dan bagian putihnya berada di bagian dalam setelah kuning telur tersebut.

Cara ini sangat mudah dan pasti akan berhasil ketika kita melakukannya dengan cara yang benar, karena kami juga sudah membuktikannya.


Dan apabila kuning telur masing belum sempurna berada di bagian luar, ini di karenakan pada saat proses pemutaran telur tersebut masih belum sempurna.

Perlu juga di ketahui pada saat pemutaran telur sudah selesai di putar telur harus langsung di rebus, dan air rebusan tersebur sudah pada posisi mendidih.

Hal tersebut akan sangat mempengaruhi kesempurnaan dari telur agar posisi kuning telur berada pada bagian luar.

Cara ini bisa anda langsung praktikan di rumah untuk anda perlihatkan pada keluarga anda, terutama pada anak-anak kita yang sangat doyan akan kuning telur

Demikian pembahasan tentang cara sederhana merebus telur agar bagian kuning berada di luar. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang telur. TERIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel