Iklan Google

Cara Sukses Membuat Irigasi Tanaman Menggunakan Botol

Tanaman merupakan tumbuhan yang tidak bisa hidup tanpa air, air merupakan makanan utama untuk segala jenis tumbuhan.

Air memang tidak hanya di butuhkan oleh manusia, namun air juga sanga dibutuhkan oleh segala jenis tumbuhan yang ada di muka bumi ini.

Gambar  : Irigasi Tanaman Menggunakan Botol
Sumber Gambar  :Pinterest.com

Dan sudah sejak zaman dahulu manusia sudah memulai teknik irigasi untuk bercocok danam pada persawahan maupun perkebunan.

Irigasi sendiri merupakan usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi bawah tanah, rawa, dan irigasi pompa.

Akan tetapi di sini kita akan membahas tentang bagaimana membuat irigasi menggunakan bahan yang sangat sederhana akan hasilnya sangat efektif.

Yaitu menggunakan botol minuman, jenis irigasi ini merupakan jenis irigasi bawah tanah dan dilakukan hanya kepada 1 pohon saja.


Jadi cara ini sangatlah cocok untuk kita yang membudidayakan tanaman-tanaman yang harga 1 pohonya itu sangatlah mahal.

Dan cara ini paling pas digunakan pada tanaman-tanaman seperti durian, manggis, apel, anggur merah. Intinya tanaman yang memiliki nilai jual yang cukup mahal.

Dan bukan hanya itu cara ini juga bisa dan sangat kami sarankan untuk menggunakannya pada tanaman hiasan yang berada di atas pot.

Jadi ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membuat irigasi menggunakan botol minuman bekas tersebut, diantaranya yaitu  :

MANFAAT MEMBUAT IRIGASI TANAMAN MENGGUNAKAN BOTOL

1). MELANCARKAN ALIRAN AIR KE TANAMAN

Manfaat yang pertama yang dapat kita rasankan dari membuat irigasi menggunakan botol bekas tersebut yaitu kita dapat melancarkan aliran air ke tanaman.

Dengan adanya sistem penampungan air yang terdapat di dalam botol yang langsung berbatasan dan bersentuhan langsung dengan akar tanaman.


Akan sangat membantu dan memudahkan kita untuk mengatur dan melancarkan aliran air yang masuk dan di resap oleh akar tanaman.

2). DAPAT MENYUBURKAN TANAH

Bukan hanya melancarkan aliran air saja yang dapat kita daparkan dengan menggunakan sisten irigasi menggunakan botol tersebut.

Tetapi kita juga secara tidak langsung akan membuat tanah di sekitar tanaman akan tetap terjaga kesuburannya.

Ini terjadi karena tanah yang selalu basah setiap saat oleh irigasi botol yang kita buat di dalam tanah, jadi air di dalam tanah itulah yang akan membuat tanah menjadi subur.

3). SEBAGAI TEMPAT MENYIMPANAN PASOKAN AIR

Dan manfaat yang ke tiga yang dapat kita rasakan manfaatnya yaitu kita dapat menyimpan pasokan air dalam jumlah tertentu.

Jadi kita tidak perlu repot-repot menyiram tanaman setiap saat, kita cukup mengisikan air ke dalam botol yang sudah kita tanam ke dalam tanah tersebut.

Dengan begitu tanaman akan menyerap air tersebut secukupnya saja, dengan begitu kita dapat menyimpan pasokan air dengan sangatbaik.

4). SEBAGAI TEMPAT UNTUK PEMBERIAN PUPUK TANAMAN

Tanaman sangat membutuhkan yang namanya pupuk, karena pupuk merupakan asupan gizi yang sangat penting untuk menjaga dan mempercepat pertumbuhan tanaman.

Dan dengan adanya irigasi bawah tanah yang terdapat di samping tanaman yang berbatasan langsung dengan akar tanaman.

Akan sangat memudahkan kita untuk memberikan asupan pupuk terhadap tanaman dengan melalui irigasi yang kita buat terlebuh dahulu tersebut.

5). DAPAT MEMANFAATKAN BARANG YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI

Dan manfaat yang terakhir yang dapat kita rasakan dari membuat irigasi tanaman menggunakan botol bekas yaitu kita dapat memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Botol merupakan kemasan yang digunakan sebagai kemasan minuman air, yang apabila isinya sudah habis kemasan tersebut akanmenjadi sampah.

Akan tetapi dengan melakukan dan menggunakan botol yang sudah tidak terpakai tersebut kita tidak hanya dapat membuat tanaman menjadi subur.


Akan tetapi kita juga dapat menggunakan sampah yang sudah tidak di gunakan tersebut menjadi bahan yang berguna.

Jadi ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari membuat irigasi menggunakan botol minuman yang sudah tidak terpakai tersebut.

Dan cara membuat irigasi tanaman menggunakan butol minuman tersebut sangatlah mudah yaitu antara lain.

CARA MEMBUAT IRIGASI TANAMAN MENGGUNAKAN BOTOL

Gambar  : Contoh Irigasi Menggunakan Botol
Sumber Gambar  :akuinginhijau.org

1). MEMPERSIAPKAN BAHAN
  1. Botol minuman berukuran 1 liter
  2. Paku
  3. Pupuk
  4. Cangkul
  5. Air
2). PROSES PEMBUATAN
  1. Pertama lubangi bagian samping botol menggunakan paku, usahakan lubangnya juga jangan terlalu banyak.
  2. Selanjutnya buatkan lubang di samping tanaman menggunakan cangkul tersebut
  3. Setelah itu barulah timbun botol tersebut menggunakan pupuk yang sudah di siapkan terlebih dahulu tersebut.
  4. Usahakan tutup botol jangan sampai ikut tertimbun, biaskan tutup botol tersebut tidak tertimbun
  5. Barulah isikan air ke dalam botol melalui ujung botol yang tidak tertimbut tersbut.
Jadi cara memang terlihat sangatlah sederhana, akan teapi hasilnya sungguh luarbiasa, dan cara ini dapat di buat dan dilakukan dengan sangat mudah.


Perlu di ketahui juga air yang terdapat dalam botol tersebut dapat habis dalam jangka waktu tertentu tergantung banyaknya lubang yang kita buat pada botol.

Cara ini sangatlah cocok untuk kita yang tinggal di daerah-daerah yang kekeringan, yang sulit untuk menemukan air untuk tanaman.

Dan cara ini juga hemat akan biaya, cara ini bisa dibilang tidaklah membutuhkan biaya sama sekali karena hanya membutuhkan botol dan air saja.

Demikian pembahasan tentang cara sukses membuat irigasi tanaman menggunakan botol. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang irigasi tanman. TERIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel