Iklan Google

Cara Tepat Dan Cepat Menanam Rumput Di Halaman Rumah

Di zaman yang serba moderen seperti sekarang ini, dimana semuanya bertumbuh dan berkembang dengan sangat cepatnya.

Salah satunya yaitu perubahan dari design interior rumah, yang dulunya berbentuk biasa-biasa saja tanpa adanya hiasan-hiasan halaman untuk mempercantik halaman rumah.

Gambar  : Halaman Yang Di Tanami Rumput
Sumber Gambar  :blog.carijasa.co.id

Namun di zaman yang moderen seperti sekarang ini,banyaknya design rumah yang berbentuk minimalis sangat-sangat cocok untuk menghias bagian halaman dari rumah tersebut.

Dan salah satu cara untuk meghias halaman rumah tersebut agar menjadi menarik dan indah yaitu dengan menanamkan rumput.

Rumput merupakan tanaman yang paling cocok untuk di tanam di halaman depan rumah atau di halaman pekarangan belakang rumah.

Rumput sendiri merupakan tumbuhan monokotil yang memiliki daun berbentuk sempit dan meruncing yang tumbuh dari dasar batang.

Rumput sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, ada yang digunakan sebagai bahan pakan untuk memberi makan ternak.
Namun ada juga rumput yang di gunakan sebagai obat-obatan, dan ada juga rumput yang paling sering digunakan sebagai tanaman penghias halaman.

Dan rumput yang paling cocok untuk menghiasi pekarangan atau halaman rumah yaitu rumput yang berjenis rumput jepang dan rumput gajah mini.

Kedua jenis rumput tersebut mempunyai keunggulan yang jauh lebih bagus jika di bandingkan dengan jenis rumput lainya jika di buat sebagai penghias halaman.

Akan tetapi sebelum memulai menanam tanaman rumput di halaman ruah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu diantaranya yaitu :

HAL YANG HARUS DI PERSIAPKAN SEBELUM MENANAM RUMPUT

1). MEMPERSIAPKAN BIBIT 

Sebelum kita memulai membuat halaman rumah kita menjadi indah dan menarik dengan membuat halaman rumah di tumbuhi dengan rumput.

Terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bibit dari rumpt tersebut, bibit merupakan faktor yang paling penting dalam menanam rumput di halaman rumah.

Di sini kita menyarankan untuk anda menggunakan rumput yang secara khusus di budidayakan untuk di jual, karena rumput-rumput tersebut sudah di rawat dengan sangat baik.

Hal ini juga dapat mempercepat proses pertumbuhan dari rumput itu sendiri, jadi sebelum memulai menanam rumput di halaman rumah.

Sangat-sangat perlu untuk memperhatikan kualitas dari rumput tersebut, kita juga sebenarnya bisa menggunakan rumput yang tumbuh di alam liar, akan tetapi hasil yang kita dapatkan akan menjadi tidak maksimal.

2). MEMPERSIAPKAN LAHAN YANG BAIK

Tahapan yang ke dua yang harus dan sangat di perhatikan yaitu tempat untuk menanam rumput tersebut harus tanahnya benar-benar subur.

Membuat halaman rumah menjadi indah menggunakan tanaman rumput paling cocok dilakukan pada musim hujan.

Selain itu sebeluk kita memulai menanam rumput kita terlebih dahulu mempersiapkan pupuk kandang yang secukupnya.

Karena ketika pupuk kandang sudah di sediakan paling tidak 1 minggu di halaman tempat rumput akan di tanam.

Kondisi lahan akan menjadi sangatlah subur, ini terjadi karena nutrisi yang terdapat pada pupuk sudah mennyatu dengan tanah.

Dan perlu di ingat juga ketika pupuk akan di campur dengan tanah, terlebih dahulu tanahnya harus di gemburkan.

3). MENGANTISIPASI HAMA

Hama merupakan gejala yang dapat merusak berbagai macam tumbuhan, dan rumput sendiri mempunyai banyak sekali hama yang dapat menyerangnya.

Ayam merupakan hama bagi rumpt, karena ayam sangat sering memakan rumput-rumputyang masih menjadi bibit.

Selain ayam hama yang paling sering menyerang rerumputan yaitu ulat,ulat juga senang memakan rerumputan.

Dan untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menutup rumput menggunakan terpal yang transparan serta kita juga bisa menyiramnya menggunakan cairan khusus pembasmi hama pa rerumputan.


Ketika semua persiapan di atas sudah di perhatikan dan di lengkapi, langkah selanjutnya yaitu proses penanaman rumput.

Rumput akan sangat cepat menjadi lebat dan hijau jika di lakukan dengan cara yang tepat dan benar, karena percuma kita menggunakan bibit rumput yang unggul serta pupuk dengan kualitas super.

Jika cara untuk menanam tanaman rumput tersebut tidak benar, hasilnya akan sama saja seperti menggunakan bahan yang seadanya.

Akan tetapi ketika kita menggunakan bibit rumput yang super serta dilakukan proses penanaman yang baik maka hasilnya akan sangat luar biasa

Kita dapat merasakan hasilnya dengan sangat cepat tentunya. Dan berikut bagaimana cara yang benar dan tepat dalam menanam tanaman rumput di halaman rumah.

CARA TEPAT DAN TEPAT MENANAM TANAMAN RUMPUT

1). PROSES PENANAMAN

Gambar  : Proses Penanaman
Sumber Gambar  :bibitbunga.com
  • Pertama potong bagian bibit rumput yang sudah di siapkan tersebut menjadi kecil-kecil
  • Kemudian tanamkan  bibit rumput yang sudah di potong menjadi kecil-kecil tersebut
  • Tanamkan rumput tersebut dengan model zig-zak atau bisa menggunakan pola lainnya sekreatif anda sendiri
  • Selanjutnya atur jarak antar rumput supaya merata agar nantinya jika sudah tumbuh lebat menjadi kelihatan rapat dan rapi
  • Langkah selanjutnya yaitu memukul-mukul rumput menggunakan sapu, ini bertujuan agar rumput benar-benar menyatu dengan tanah
  • Kemudian kita bisa menggunakan bata untuk diletakkan di atas rumput yang baru saja kita tanam tersebut agar rumput menjadi rata seluruhnya
  • Jika di rasakan sudah merata, barulah diangkat bata tersebut.
2). PROSES PERAWATAN

Perawatan merupakan tahapan yang tidak bisa ti tinggalkan karena pada saat inilah inti jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Pertama kita harus menyiram rumput yang baru saja jita tanam tersebut.
  • Kemudian kita tunggu hingga rumput berumur 2-3 minggu sebelum rumput di berikan asupan nutrisi.
  • Selanjutnya ketika sudah mencapai umut 2-3 minggu kita bisa memberikan pupuk urea, konpos, dan pupuk NPK
  • Pemberian pupuk tersebut harus dilakukan karena pemberian pupuk tersebut dapat merangsang pertumbuhan dan dapat mengendalikan hama.
  • Setelah itu bersihkan rumbut dari tanaman gulma, karena jenis tumbuhan tersebut sangat banyak tumbuh disekitaran rumput.
  • Tahapan terakhir yaitu rajin-rajin menyiram rumput tersebut setiap hari pagi dan sore hari agar rumbuh tumbuh dengan segar dan lebat.
3). PROSES PERAWATAN

Dan tahapan yang terakhir dalam melakukan menanam tanaman rumput dengan cara yang tepat dan benar di halaman rumah yaitu proses perawatan.

Proses perawatan merupakan proses yang sangat mudah untuk dilakukan, karena sesungguhnya proses perawatan merupakan proses untuk memperindah dan mempercantik tanaman rumput tersebut.

Proses perawatan dapat dilakukan dengan cara melakukan pemotongan ketika rumput sudah mulai lebat dan panjang.

Dan sebisa mungkin agar rumput-rumput tersebut tidak di injak, agar rumput-rumput yang kita tanam tetap terjaga kesehatan dan kehijauannya.

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari menanamkan tanaman rumput di halaman pekarangan rumah maupun halaman belakang rumah.


Dan berikut beberapa manfaat yang kita dapatkan dari menghias halaman depan rumah maupun halaman belakang rumah, diantaranya yaitu  :

MANFAAT MENANAM RUMPUT DI HALAMAN RUMAH
  1. Sebagai pelengkap konsep arsitektur bangunan rumah
  2. Sebagai tanaman penyerap polusi
  3. Sebagai penyedia atau penghasil oksigen baru
  4. Dapat menyegarkan tubuh dari aktifitas yang melelahkan
  5. Sebagai sarana yang aman untuk tempat bermain anak-anak
  6. Sebagai area resapan air hujan atau drynase
  7. Dapat memperindah tampilan rumah
Jadi ada banyak sekali yang kita dapatkan dari menanam tanaman rerumputan di halaman depan rumah maupun belakang rumah.

Selain memperindah dan mempercantik tapilan rumah, menanam tanaman rumput di halaman juga tidak memiliki efek samping sedikitpun.

Demikian pembahasan tentang cara tepat dan cepat menanam rumput di halaman rumah. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang rumput. TRIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel