Iklan Google

7 Trik Sukses Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa

Puasa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menahan diri dari makan dan minum yang dilakukan dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Dan untuk kita yang beragama islam berpuasa pada bulan ramadhan wajib hukumnya untuk menjalankanya selama sebulan penuh.

Gambar  : Trik Mengajarkan Anak Berpuasa
Sumber Gambar  :psikologan.blogspot.com

Sedangkan untuk anak-anak yang masih kecil atau yang belum baligh hukumnya sunah atau belum wajib untuk dilakukan.

Akan tetapi kita sebagai orang tua yang menginginkan anak-anak kita tumbuh besar menjadi orang yang beriman, harus mengajarkan anak-anak kita untuk berpuasa mulai dari sekarang.


Karena jika kita tidak mengajarkan anak-anak kita untuk berpuasa mulai dari sekarang, akan lebih sulit untuk mengajarkanya jika sudah tumbuh besar.

Dan berikut beberapa cara yang sudah terbukti sangat ampuh untuk mengajarkan anak-anak kita untuk menjalankan ibadah puasa dengan sangat lancar.

7 TRIK SUKSES MENGAJARKAN ANAK UNTUK BERPUASA

1). MEMBERIKAN PENGETAHUAN TENTANG MANFAAT BERPUASA

Anak-anak biasanya sangat antusias dengan apa yang akan didapatkan jika menjalankan sesuatu hal, seperti berpuasa.

Disini kita harus memberikan pengetahuan kepada anak tentang apa yang akan kita dapatkan diwaktu kelak jika kita menjalankan ibadah puasa sekarang.

Kita harus menjelaskanya kepada anak-anak kita tentang kenikmatan yang di dapatkan setelah kita mati nanti.

Dan jangan lupapula untuk kita memberikan pengetahuan tentang apa yang akan kita dapatkan di akhirat nanti jika kita tidak menjalankan ibadah puasa tersebut.

Dengan memberikan pengetahuan tentang manfaat yang akan kita dapatkan jika menjalankan puasa dan akibat yang akan kita dapatkan jika kita tidak berpuasa.

Anak-anak akan ingin belajar untuk berpuasa karena pastinya mereka juga ingin masuk surga dan mereka pastinya takut masuk neraka.

2). MENGAJARKAN SECARA BERTAHAP

Langkah selanjutnya yaitu mengajarkan anak secara bertahap, di dalam mengajarkan anak untuk berpuasa kita tidak bisa langsung memaksa mereka.

Karena jika kita mengajarkan anak untuk berpuasa secara berlebihan akan membahayakan keselamatan anak.

Jadi kita harus mengajarkan anak-anak secara berlahan dan bertahap, contohnya kita mengajarkan anak berpuasa dari sahur sampai jam 9 pagi.

Jika anak sudah dirasakan mampu untuk berpuasa sampai jam 9 pagi kita tambah waktunya sampai sholat zuhur.

Dan jika sudah mampu untuk menjalankanya sampai sholat zuhur di hari berikutnya di tambah waktunya sampai sholat ashar.


Sampai pada akhirnya anak mampu untuk menyelesaikan sampai terbenamnya matahari atau pada saat berbuka puasa.

Tapi sangat perlu untuk di ingat jangan sampai kita memaksakan anak untuk terus melanjutkan puasanya jika mereka sudah tidak tahan lagi.

Karena fisik mereka masih sangat lemah dan mereka juga masih dalam tahapan belajar dan hukum untuk menjalankan ibadah puasa untuk mereka juga belum wajib.

3). MENGAJAK ANAK UNTUK BERMAIN

Langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan untuk mengajarkan anak-anak untuk berpuasa yaitu mengajak anak untuk bermain.

Pada tahapan ini kita bisa melakukan hal-hal yang menarik dengan anak-anak kita, suatu hal yang dirasakan anak-anak sangat menyenangkan.

Seperti mengajak anak-anak untuk duel bermain game, playstation, bermain kata-kata dan sebagainya yang intinya menyenangkan bagi anak-anak.

Dengan melakukan hal-hal semacam itu anak-anak akan melupakan rasa lapar yang sedang mereka rasakan.

Dan anak-anak akan melupakan berapa lama mereka sudah menahan diri mereka dari rasa haus dan lapar.

4). MEMBERIKAN HADIAH

Hadiah merupakan sesuatu yang paling menyenagkan bagi semua anak-anak, apalagi hadiahnya berupa mainan atau boneka.

Di sini kita bisa memberikan mereka sebuah hadiah ketika mereka mampu menyelesaikan puasa mereka sampai tenggelamya matahari.

Atau ketika mereka mampu menyelesaikan ibadah puasa mereka selama sebulan penuh, tanpa adanya puasa yang bolong.

Karena dengan memberikanya sebuah hadiah ketika mereka mampu menyelesaikan puasa sampai terbenamya matahari atau sebulan penuh.

Akan membuat anak-anak menjadi termotifasi untuk menahan diri mereka dari rasa haus dan lapas karena di benak mereka sudah pasti ada sebuah hadiah ketika mereka mampu menyelesaikannya.

5). MEMBUAT SUASANA BERBUKA DAN SAHUR YANG MENYENANGKAN

Langkah selanjutnya untuk mengajarkan anak-anak yang masih kecil untuk melakukan ibadah puasa yaitu dengan cara membuat suasana sahur dan berbuka yang menyenangkan.

Jangankan anak kecil, kita sebagai orang yang sudah besar yang sudah sering menjalankan ibadah puasa, waktu sahur merupakan waktu yang sangat berat yang kita rasakan.

Mata terasa sangat berat untuk membukanya apalagi tubuh yang sudah lelah bekerja, akan tetapi semua itu adalah kewajiban yang harus kita jalani.

Dan apalagi anak-anak yang masih kecil yang tidurnya sudah tidak bisa diganggu akan tetapi di suruh untuk bangun sahur.

Di sini kami yakin semua orang tua pasti mengetahui bagaimana cara agar waktu sahur dan berbuka puasa itu menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak-anak.

Karena dengan membuat waktu sahur dan berbuka tersebut menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak-anak, mereka akan menjadi sangat antusias menunggu waktu tersebut.

Mereka tidak lagi menjadi malas untuk dibangunkan di waktu sahur, mereka pasti cepat untuk dibangunkan.

6). BERIKAN MAKANAN YANG BERGIZI

Makanan yang bergizi merupakan salah satu faktor yang paling penting yang harus diberikan kepada anak-anak yang masih dalam proses belajar berpuasa.

Disini para orang tua harus memberikan anak-anaknya makanan yang mengandung lemak dan serat yang tinggi.

Karena makanan yang mengandung lemak mampu memperpanjang rasa lapar tersebut agak lama muncul dan makanan yang mengandung serat tinggi mampu melancarkan pencernaan anak.

Dan jangan sampai orang tua memberikan anak-anak mereka vitamin penambah nafsu makan terhadap anak-anak mereka karena hal tersebut malah akan membuat anak-anak menjadi cepat lapar.

7). MOTIVASI

Dan cara yang terakhir yang dapat orang tua berikan dalam mengajarkan anak-anak mereka untuk berpuasa yaitu sebuah motivasi.

Motivasi adalah sebuah energi tambahan yang dapat diberikan melalui sebuah kata-kata yang memberikan semangat baru terhadap anak-anak.

Di sini motivasi mempunyai peran yang sangat penting dalam mengajarkan anak-anak untuk berpuasa ketika mereka sudah tidak mampu lagi.


Berikut adalah beberapa trik yang sangat ampuh untuk dilakukan dalam mengajarkan anak-anak untuk berpuasa.

Pada intinya dalam mengajarkan anak-anak kita untuk berpuasa kita harus melakukanya dengan penuh kesabaran dan kasih sayang insyaallah semua itu pasti bisa kita lakukan.

Demikian pembahasan tentang 7 trik sukses mengajarkan anak untuk berpuasa. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda. TERIMA KASIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel